Yang namanya industri kreatif memang tidak ada batasan dalam berkarya. Seorang artis bisa jadi sutradara, seorang desainer bisa jadi Youtuber, Youtuber bisa jadi artis, komikus pun juga bisa jadi pembuat mainan. Seperti yang dilakukan oleh Iskandar Salim, komikus Faktap, yang juga menulis cerita Gundala [R]evolusi, yang lagi bikin heboh dunia maya dengan mainan-mainan nyeleneh-nya.

Berawal dari iseng-iseng, komikus yang memang menggemari Good Guys Never Win dan Funko ReAction ini mengunggah jepit jemuran berwarna emas, yang ia labeli “Badge of Honor”. Sebagai bagian dari lini “Avenging Heroes”, postingannya ini berhasil disukai 5.800 orang dan mengundang 225 komentar.

[Jangan ngaku fans berat Earth’s Mightiest Heroes kalo belum punya badge keren ini! @faktapin #KomikFaktap](https://www.instagram.com/p/BiyNp5xHCgC/)

A post shared by Komik Faktap (@komikfaktap) on

Seminggu kemudian, ia langsung nge-gas lagi dengan lini “Avenging Heroes” lain yang tidak kalah nyeleneh. Yakni, butiran debu yang menjadi spoiler penting di film “Avengers: Infinity War”. Kepada POPCON, Iskandar mengaku ide membuat mainan ini sudah ada sejak lama. “Sudah agak lama ide dan eksekusinya, cuma ditahan biar ngga spoiler (buat) yang belum nonton,” terangnya.

[“Mr. Stark, I don’t feel so good…” Yang minat pengen koleksi action figure handmade, super prestige dan ga wajar ini, cek link di bio ya. Extremely rare collectible 😎 @faktapin Fully poseable. Unlimited articulations.](https://www.instagram.com/p/BjjJT_tH8wt/)

A post shared by Komik Faktap (@komikfaktap) on

Dua produk tadi awalnya tidak dibuat untuk dijual. Tapi karena peminatnya banyak, bahkan dari Amerika, komikus lulusan DKV Trisakti ini akhirnya membuka pemesanan online melalui Tokopedia. Tapi karena ini benar-benar handmade, alias dibuat dari nol dengan tangan sendiri, penjualannya pun dilakukan dengan sistem* pre-order* seharga Rp95.000, dengan masa pengerjaan kurang lebih satu minggu.

Karya berikutnya yang juga tidak kalah viral adalah versi “Legowo” dari ilustrasinya yang dibuat pada 22 Mei lalu, yang menggabungkan R2D2 dengan Umi dalam penanak nasi dari iklan Ramayana.

[Kerja lembur bagai droid… @faktapin](https://www.instagram.com/p/BjjIw7PniR3/)

A post shared by Komik Faktap (@komikfaktap) on

Kalau kamu perhatikan bagian belakang blister-nya, terdapat plesetan lirik lagu yang dibawakan oleh grup “Qasidah Dia” dari Cibaregbeg. Tapi sayangnya, untuk yang satu ini ia belum bisa menerima pemesanan, karena ketersediaan bahan baku yang tidak semudah lini Avenging Heroes. “Bisa pesan (bahan) dari luar, tapi saat barangnya sampai, hype-nya sudah hilang,” terangnya pada POPCON.

Nah, kalau kamu tertarik dengan** “Galaxy Jar”** ini, kamu bisa langsung kontak Kak Iskandar Salim melalui akun Faktap, siapa tahu ia akan berubah pikiran, dan akhirnya menerima orderan.