Melalui acara Awarding Night yang berlangsung di Ballroom XXI Djakarta Theatre pada hari Sabtu (23/6) malam, terungkap sudah siapa yang menjadi juara dari Police Movie Festival 2018.

Pemenang dari ajang tahunan yang kali ini diikuti oleh 410 film itu adalah “Humanis?” karya polres Bitung, Sulawesi Utara untuk kategori film pendek dan “Time” karya Luwdo Animation untuk kategori film animasi.

Sedangkan untuk pemenang kedua dan ketiga dari kategori film pendek adalah “Persepsi” dan “Sebuah Jawaban”. Buat di kategori animasi ada “Pacarku” dan “Kisah di Sore Hari”.

Film pendek “Aku di dalam kamu” berhasil menjadi juara untuk kategori film pendek terfavorit pilihan netizen.

Selain pengumuman para pemenang, Awarding Night juga memberikan penghargaan khusus yaitu Lifetime Achievement untuk komedian legendaris Indro Warkop.

Melalui pidato singkatnya, bintang film Warkop DKI Reborn itu mengakui bahwa dirinya baru mengetahui adanya festival film Police Movie Award dan terkejut karena tiba-tiba mendapat penghargaan khusus Lifetime Achievement. Penghargaan spesial itu diberikan langsung oleh Wakapolri Komjen Pol Syafruddin.

Police Movie Festival adalah sebuah festival film pendek yang diselenggarakan oleh Kepolisian Republik Indonesia dengan menyertakan usur kepolisian yang tepat di setiap film pendek atau animasi yang masuk. Tema Police Movie Festival tahun ini adalah ‘Humanisme’.

Festival yang telah memasuki tahun kelimanya itu merupakan wadah bagi para pembuat, sineas dan masyarakat sebagai salah satu media untuk mempererat hubungan publik dengan Polri. Melalui beragam film yang diikutsertakan, diharapkan masyarakat dapat melihat sisi lain Polisi yang jarang terlihat di mata masyarakat awam.

Untuk tahun 2018, ada tujuh orang dari berbagai latar belakang yang didaulat menjadi juri Police Movie Festival. Mereka adalah Chicco Jerikho (aktor), Prisia Nasution (aktris), Anggy Umbara (sutradara), Faza Meonk (sutradara), Akhlis Suryapati (praktisi perfilman), Imam Addaruqutni (aktifis religi), dan Brigjen Polisi Napoleon Bonaparte (perwakilan Polri).

Juara Pertama Police Movie Festival 2018 Kategori Film Pendek

**Juara Pertama Police Movie Festival 2018 Kategori Film Animasi**