Seperti halnya “Pengabdi Setan”, Joko Anwar juga menjadi Sutradara dan Penulis Naskah “Gundala”. Gundala adalah karakter komik yang dibuat oleh Alm.Hasmi 49 tahun yang lalu. Dan untuk memperingati setengah abad kelahirannya, Gundala akan hadir (kembali) di layar lebar mulai pertengahan tahun 2019.

Dalam pertemuan dengan media, pada 4 April 2018, Joko Anwar mengatakan, “Cerita Gundala akan relevan dengan kondisi Indonesia sekarang.” Tahun 2019 sendiri di Indonesia akan menjadi tahun yang panas, karena berkaitan dengan pemilihan Presiden. Apakah Gundala akan mengangkat isu itu, atau tema lainnya seperti intoleransi dan kerusuhan yang belakangan marak memang tidak disebutkan. Tapi yang jelas, Indonesia memang butuh sosok super hero yang bisa membangkitkan inspirasi anak-anak muda untuk kembali ke semangat kepahlawanan, dengan segala kebaikannya.

Sedangkan Imansyah Lubis dari Bumi Langit, selaku pemilih hak cipta Gundala memberikan konfirmasi mengenai proses panjang yang selama ini sudah dilalui, termasuk pergantian sutradara dari Hanung Bramantyo ke Joko Anwar. “Joko orang yang tepat untuk menyutradarai Film yang akan menjadi lokomotif dari karakter-karakter BumiLangit,” ungkapnya.

Pernyataan itu sekaligus mempertegas kalau “Gundala” akan menjadi film pertama dari film-film super hero asli Indonesia dari Bumi Langit. Kita doakan bersama semoga proyek ini lancar ya!

Kira-kira, siapa ya yang cocok untuk memerankan Sancaka alias Gundala?
Reza Rahadian? Vino G. Bastian? Iko Uwais? Atau…
Berikan pendapatmu ya!